Manfaat musik bagi kecerdasan

MANFAAT MUSIK BAGI KECERDASAN OTAK ANAK

 
Semua orang pasti pernah mendengarkan musik, termasuk orang yang tidak menyukai musik sekalipun. Pasti setidaknya mereka pernah mendengarkan musik walaupun cuma sepintas. Lalu apakah Anda termasuk orang yang suka mendengarkan musik? atau Anda termasuk kategori orang yang tidak suka dengan musik?
Diluar Anda suka atau tidak suka dengan musik, musik memiliki banyak manfaat bagi Anda dan keluarga Anda, terutama bagi kecerdasan anak Anda. Jadi jika Anda dan keluarga bukanlah penikmat musik, maka tidak ada salahnya jika Anda mulai mendengarkan musik dari sekarang.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para Ahli dari seluruh dunia, mereka sepakat bahwa musik bermanfaat bagi kecerdasan anak. Jika Anda ingin meningkatkan kecerdasan anak Anda, mendengarkan musik adalah salah satu solusi yang bisa Anda lakukan. Tapi tidak semua jenis musik mampu Anda gunakan untuk meningkatkan kecerdasan anak Anda. Jenis musik seperti rock, pop, dangdut bukanlah jenis musik yang cocok untuk Anda gunakan dalam hal ini. Anda bisa menggunakan jenis musik klasik maupun musik beralunan lembut untuk membantu maksimalkan fungsi otak dan mengkatkan kecerdasan anak Anda.

Berikut adalah manfaat musik bagi kecerdasan anak:

 

1. Meningkatkan kekuatan otak anak

Manfaat musik bagi kecerdasan anak yang pertama adalah meningkatkan kekuatan otak anak. Mendengarkan musik terbukti mampu merangsang bagian otak yang berhubungan dengan membaca, matematika dan perkembangan emosional anak.

2. Meningkatkan daya ingat

Mendengarkan musik membantu anak-anak dalam mengingat dan belajar lebih banyak. Sedangkan partisipasi anak dalam musik sejak usia dini mampu meningkatkan kemampuan belajar anak dan meningkatkan memori atau daya ingat mereka.

3. Membantu perkembangan sosial anak

Mendengarkan musik terbukti mampu merangsang pertumbuhan otak kiri yang berhubungan dengan perkembangan bahasa. Dengan mendengarkan musik kemampuan bahasa anak akan meningkat dan berpengaruh pada perkembangan sosial anak.

4. Membangun kepercayaan diri

Mendengarkan musik ternyata juga mampu meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Dengan mendengarkan musik, anak akan tampil lebih percaya diri.

5.  Meningkatkan kecerdasan spasial

Mendengarkan musik ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan spasial anak. Kecerdasan spasial berguna untuk pemecahan masalah seperti matematika, arsitektur, seni, teknik.

6. Meningkatkan IQ anak

Sebuah study yang dilakukan oleh E. Glenn Schellenberg di University of Toronto yang diterbitkan dalam Psychological Science, menemukan peningkatan IQ yang terjadi pada anak usia 6 tahun yang diberi pelajaran musik dan piano.

7. Peningkatkan aktivitas otak

Musik terbukti mampu meningkatkan aktivitas otak. Berdasarkan penelitian yang dipimpin oleh Ellen Winner seorang profesor psikologi di Boston Collage dan profesor neurologi di Beth Israel Deaconess Medical Center dan Harvard Medical School menemukan perubahan dalam gambar otak anak yang memiliki kebiasan bermusik sejka usia 15 bulan. Dalam studinya ia menjelaskan bahwa anak yang memiliki kebiasaan bermusik telah meningkatkan kemampuan motorik halus, pencitraan otak dan Perubahan pada jaringan otak yang berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan mereka. Selain itu, dari beberapa penelitian neuroscience menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam musik memiliki pertumbuhan aktivitas saraf yang lebih besardari pada orang yang tidak belajar musik.

8. Meningkatkan hasil belajar

Sebuah study yang diterbitkan oleh Christoper Johnson, profesor pendidikan musik dan terapi musik di University of Kansas, mengungkapkan bahwa anak-anak yang belajar tentang musik sejak usia sekolah dasar menunjukkan peningkatan 22% dalam bahasa inggris dan 20% dalam matematika.

Meningkatkan kecerdasan anak dengan Terapi Gelombang Otak Smart Baby Music

Meningkatkan kecerdasan anak Anda, dapat Anda lakukan dengan Terapi Gelombang Otak Smart Baby Music. Terapi Smart Baby Music adalah terapi yang dirancang khsuus untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak Anda melalui stimulus yang diberikan. Terapi Smart Baby Music berisi kumpulan musik klasik dan musik anak cerdas yang sangat cocok untuk Anda gunakan untuk meningkatkan kecerdasan anak Anda. Terapi Smart Baby Music bekerja melalui gelombang otak sehingga sangat mudah diserap dan dirasakan manfaatnya oleh otak anak Anda.
Selain bisa digunakan pada anak usia 1-5 tahun, Terapi Smart Baby Music bisa digunakan pada ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Terapi Gelombang Otak Smart Baby Music berbentuk CD Musik terapi sehingga sangat mudah dan praktis digunakan. Penggunaan Terapi Gelombang Otak Smart Baby Music bisa digunakan dengan cara didengarkan langsung oleh ibu hamil, didengarkan oleh bayi dalam kandungan dengan meletakkan headphone ke perut ibu maupun didengarkan langsung pada bayi dan anak dibawah 5 tahun.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar gitar mudah

Manfaat bermain musik